Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
5.1. Menunjukan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata | Identifikasi menu dan ikon pada MS. word | Siswa diminta untuk mengaktifkan program pengolah kata sesuai dengan prosedur yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. · Dengan menggunakan program pengolah Ms. Word yang sudah aktif, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagian dair lembar kerja pengolah kata MS. Word · Guru menjelaskan beberapa menu dan siswa mengikuti dengan mengaktifkan beberap amenu yang sedang dijelaskan oleh guru. · Siswa diminta untuk menggunakan beberapa menu yang ada pada pengolah kata Microsodt Word. | Mengidentifikasi kegunaan program pengolah kata · Mengaktifkan program · Mengakses menu pada program pengolah kata · Mengidentifikasi menu dan ikon pengolah kata | Tugas individu · Tugas Proyek · Praktek | 4 | Seperangkat komputer · Buku komputer · Seperangkat LCD · LKS |
5.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak | Menggunakan menu dan ikon pada ms. word | Setelah membuat dokumen siswa diminta untuk menyimpan dokumen dengan beberapa metoda seperti menyimpan ulang, menyimpan dengan nama yang baru dan lain-lain · Siswa diminta untuk mengatur format halaman sebua dokukumen untuk kuarfo, folio atau A4 Siswa diminta untuk memperagakan cara untuk membuat border dan shading, mengubah jenis dan ukuran fond dari LKS yang dibagikan Siswa diminta untuk membuat indentasi, tabulasi dan mengoperasikan ikon pada pengolah kata · Siswa diminta untuk memperbaik dokumen yang pernah dibuat · Siswa diminta untuk melakukan perubahan | Membuat dan menyimpan dokumen baru · Mengatur ukuran halaman · Mengatur format teks dan spasi paragraf · Menggunakan bullet dan numbering · Menggunakan border and shading · Menggunakan huruf berbagai jenis font dan ukuran · Menggunakan identasi · Menggunakan menu tabs · Mengoperasikan menu dan ikon pada program pengolah kata · Mengedit dokumen · Mengatur tata letak dokumen dengan berbagai ukuran kertas · Mengolah file (menggabungkan dua dokumen atau lebih) · Membuat dan menghapus header dan footer · Mencetak dokumen dengan format yang diinginkan | Tugas individu · Tugas Proyek · Tugas | 6 | Seperangkat komputer · Buku komputer · LKS |
| | Pada dokumen · Siswa diminta untuk mengoperasikan find, replace, goto · Dengan LKS yang dibagikan siswa dimint auntuk menyisipkan obyek sesuai dengan teks · Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat tombol-tombol hiperlink, memanfaatkan tombol hiperlink | Mengoperasikan find, replace dan go to · Menyisipkan simbol · Menyisipkan obyek · Membuat dan memanfaatkan hiperlink | | | Seperangkat komputer · Buku komputer · LKS |
5.3. Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram | Membuat Dokumen dengan tael, grafik diagram dan gambar | Guru memberikan cara-cara untuk menghapus tabel seperti kolom, baris dan cel dan siswa diminta untuk memperaktekan teknik-teknik yang telah di jelaskan oleh guru · Siswa diminta untuk memanipulasi panjang kolom, baris, menggabungkan sel, dan lain-lain · Siswa diminta untuk menyisipkan shapes dan dokumen pada LKS yang telah dibagikan | Membuat dan menghapus tabel · Mengatur border dan shading tabel · Menyisipkan baris dan kolom · Menghapus baris dan kolom · Mengatur lebar baris / kolom · Menggabung / merubahkolom · Mengoperasikan drawing · Menyisipkan gambar · Menyisipkan shapes dan dokumen · Menggunakan teks books | Tugas individu · Tugas Proyek · Tugas | 16 | Seperangkat komputer · Buku komputer · LKS |
5.4. Membuat mail marge dengan dokumen pengolah kata | Membuat surat massal mail merge | Melalui contoh, tugas dan latihan siswa diajak untuk membuat dokumen induk, dokumen data dan penggabungan dokumen serta mencetaknya baik dalam dokumen maupun ke printer | Materi Pengayaan · Membuat dokumen induk · Membuat sumber data · Menggabungkan dokumen induk dengan sumber data · Mencetak mail marge | Tugas mandiri · Tesk praktek | 4 | Seperangkat komputer · Buku komputer · LKS |
0 komentar:
Posting Komentar